Sebelumnya gue mau kasih info tentang makalah karya ilmiah gue mengenai e-commerce yang ngebahas detailnya agoda.com. lets roll page down ..
TUGAS
SEMINAR KARYA ILMIAH
ANALISA
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-COMMERCE PADA AGODA.COM
![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
Nurul
Khomsah
11411008
STMIK
Widuri Jakarta
Kata Pengantar
Assalamualaikum Wr. Wb
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul “ANALISA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PADA AGODA.COM”
Karya ilmiah ini di susun dalam rangka
memenuhi tugas individu pada mata kuliah Seminar. Dalam menyusun karya ilmiah
ini, penulis banyak memperoleh bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak.
Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1)
Orang Tua saya
2)
Ir. Johannes Fernandez Andry S.T M.Kom
3)
Seluruh teman-teman di kelas
yang telah banyak membantu penulis. Penulis
menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu
penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna
sempurnanya karya ilmiah ini. Penulis berharap semoga karya ilmiah ini dapat
bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb
(Nurul Chomsha)
DAFTAR ISI:
Kata Pengantar . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . 2
Daftar isi . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
BAB I. PENDAHULUAN . .
. .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . .4
I.I LATAR BELAKANG . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..4
I.II
DEFINISI MASALAH . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . 4
I.III
BATASAN MASALAH . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . 4
I.IV
TUJUAN PENULISAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .5
BAB II. TEORI DASAR . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . .5
II.I KAJIAN PUSTAKA . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5
II.II DEFINISI E-COMMERCE . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .6.
II.III DAMPAK POSITIF DAN NEGATIV DAN
KEUNTUNGAN BAGI PERUSAHAAN DAN KONSUMEN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .6
BAB
III. METODOLOGI PENELITIAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .8
BAB
IV. PEMBAHASAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9
IV.I PROFIL DAN SEJARAH PERUSAHAAN . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9
IV.II
MEKANISME TRANSAKSI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . .11
IV.III
PERMASALAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . 12
IV.IV
PERTANYAAN UMUM . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . 16
IV.V
INFORMASI LAIN-LAIN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . .20
IV.VI
PESAING BISNIS . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . 21
BAB V. KESIMPULAN DAN
SARAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .23
Daftar Pustaka . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .24
BAB
I. PENDAHULUAN
I.I LATAR BELAKANG
Dunia periklanan pada era globalisasi ini
sangat maju dan canggih, bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis
tidak cukup hanya dengan mengandalkan iklan dan selebaran kertas untuk
mengembangkan dan membuat bisnis yang mereka jalankan dapat maju dan
dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Persaingan dan berbagai tekanan
bisnissemakin meningkat di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Salah satu
contoh perkembangan teknologi adalah internet. Ada beberapa keunggulan dari
internet ialah dapat menyampaikan informasi yang ada di sebuah perusahaan atau
instansi tertentu. Melalui internet-lah profil, keunggulan dan segala sesuatu
tentang perusahaan tersebut dapat dipublikasikan secara luas kepada masyarakat.
Oleh karena itu, agar bisnis yang dikelola dapat berjalan sukses perusahaan
harus mengikuti trend internet dengan melakukan inovasi untuk mendapatkan
pencapaian yang memuaskan dari bisnis mereka. Inovasi itu ialah dengan memasang
iklan melalui internet yang lebih dikenal dengan e-commerce.
I.II DEFINISI MASALAH
- Bagaimana
tampilan pada E-Commerce (Agoda.com) tersebut?
- Apakah
situs tersebut dapat di akses di seluruh penjuru dunia?
- Bagaimana
cara membuktikan kepada konsumen bahwa situs ini terpercaya keakuratannya?
- Apakah
kelebihan situs ini dibanding para pesaingnya?
- Bagaimana
dengan cara pembayarannya?
I.III BATASAN MASALAH
Dalam
penulisan karya ilmiah ini, penulis tidak membatasi masalah dari ruang lingkup
masalah saja, tapi penulis juga akan mencantumkan beberapa aspek muatan
informasi baik itu mekanisme transaksi, cara melakukan pembayaran secara
online, serta beberapa informasi mengenai
Agoda.com yang memang diperlukan dalam penulisan karya ilmiah ini.
I.IV TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan dari karya ilmiah ini diantara lain:
- Penulis diharapkan dapat memberikan informasi yang
mendetail tentang Agoda.com kepada pembaca
- Penulis
dan pembaca dapat mengetahui dan menganalisa strategi bisnis pada
e-commerce
- Penulis
sangat diharapkan dapat menganalisa dengan baik situs E-commerce yang
dimaksudkan
- Penulis
dapat menyuguhkan kepada pembaca bagaimana mekanisme pembayaran online
pada situs ini
- Penulis
dan pembaca dapat menerapkan pengetahuan ini jikalau dibutuhkan dalam
transaksi e-commerce pada situs ini
- Pembaca
dapat mengetahui dampak positif dan negatif dari E-commerce secara
langsung
- Memenuhi
pra-syarat kelulusan dari matakuliah Seminar
BAB II
TEORI DASAR
II.I KAJIAN PUSTAKA
Banyak penyedia jasa informasi di
internet yang bersifat komersial, dimanasitus yang dibangun digunakan untuk
tujuan bisnis dan sebagai media promosi. Sekitar 40% perusahaan di Indonesia
saat ini sudah memanfaatkan jasa internet untuk memasarkan produk-produk
mereka ke berbagai kota dan luar negeri. Pada halaman (page) tertentu pada
situs komersial biasanya terdapat ruang yang berisi iklan sebuah produk, bahkan
bisa melakukan penjualan suatu produk secara online. Bentuk seperti ini
lebih dikenal dengan nama e-commerce (electronic commerce).
Kekuatan
internet untuk promosi sungguh sangat luar biasa karena dapat menjangkau calon
pelanggan atau pembeli di manapun berada tanpa batasan waktu dan
wilayah.
II.II
DEFINISI E-COMMERCE
E-commerce adalah dimana dalam satu
website menyediakan atau dapa tmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa
merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct
selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat
menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan
marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan
trading (perdagangan).
E-commerce juga dapat disebut Perdagangan
elektronik atau e-dagang, yaitu penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui internet atau jaringan komputer. Seluruh komponen yang
ada dalam perdagangan diaplikasikan ke dalam e-commerce seperti customer
service, produk, cara pembayaran, promosi. Perkembangan internet yang semakin
maju merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya e-commerce. Internet
merupakan salah satu jaringan global yang menghubungkan jaringan komputer
diseluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi
antar satu perusahaan dengan konsumen. Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat
barang atau produk yang dijual secara online serta dapat melakukan
correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui
email.
II.I DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TENTANG
E-COMMERCE, DAN KENTUNGAN BAGI PERUSAHAAN DAN KONSUMEN
Didalam dunia E-Commerce pasti
terdapat dampak positif dan negatifnya antara lain:Dampak positifnya, yaitu:
- Revenue Stream (aliran pendapatan)
baru yang mungkin lebihmenjanjikan yang tidak bisa ditemui di
sistem transaksi tradisional
- Dapat
meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
- Menurunkan
biaya operasional(operating cost)
- Melebarkan
jangkauan (global reach)
- Meningkatkan
loyalitas konsumen (customer loyality)
- Meningkatkan
mata rantai pendapatan
- Memperpendek
waktu produksi
Dampak
negatifnya, yaitu:
- Kehilangan
segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu
mentransferuang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah
mengganti semua data finansial yang ada
- Pencurian
informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap
semuainformasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan
dapat mengakibatkankerugian yang besar bagi si korban
- Kehilangan
kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini
bersifat kesalahannon teknis seperti listrik padam
- Penggunaan
akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker
yangberhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan
sejumlah rekeningorang lain ke rekeningnya sendiri
- Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor
sepertiusaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha
menjatuhkan reputasiperusahaan tersebut
- Kerugian
yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan
sengaja,ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor
manusia, kesalahan factormanusia atau kesalahan sistem elektronik.Adapun
Keuntungan yang
diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan
dan konsumen adalah sebagai berikut:
Keuntungan bagi Perusahaan:
- Mengurangi
biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan,
report, dan sebagainya
- Mengurangi
keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran
yang tepat waktu dan dapat langsung dicek
- Mempercepat pelayanan ke
pelanggan, dan pelayanan lebih responsif
- Akses informasi lebih cepat
- Memperluas
market place hingga ke pasar nasional dan international
- Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
Keuntungan bagi Konsumen:
- Pelanggan
bisa menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan
detik, bukan lagi hari atau minggu
- Memungkinkan
pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain
selama 24 jam sehari sepanjang tahun
dari hampir setiap lokasi dengan menggunakan fasilitas Wi‐Fi
- Memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan
- Pengiriman menjadi sangat cepat
- Memberi
tempat bagi para pelanggan lain di electronic community dan
bertukar pikiran serta pengalaman
- Memudahkan
persaingan yang ada pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara
substansial
Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce
adalah sebagai berikut:
- Presentasi
electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan
- Pemesanan
secara langsung dan tersedianya tagihan
- Secara
otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor
rekening maupun nomor kartu kredit)
- Pembayaran
yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan
transaksi.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Adapun metode yang digunakan penulis dalam mengumpulkan materi penulisan
data untuk karya ilmiah ini adalah sebagai berikut:
- Metode
diskusi
Melalui metode ini penulis bertanya kepada teman atau dosen tentang
penulisan karya ilmiah ini.
- Metode
search engine internet
Melalui metode ini penulis melakukan pengumpulan data dari berbagai situs
yang dibutuhkan
- Metode
Kepustakaan
Melalui metode ini penulis dapat mencari langsung buku-buku keperluan
penulisan dalam perpustakaan
- Metode observasi
Melalui metode ini penulis dapat menganalisa dan mengobservasi situs
E-commerce tersebut
BAB IV PEMBAHASAN
IV.I SEJARAH DAN PROFIL PERUSAHAAN
Agoda.com (www.agoda.com) Agoda.com
adalah salah satu platform hotel online dengan perkembangan terpesat di seluruh
dunia dengan daftar ratusan ribu hotel dan layanan dalam 38 bahasa yang
berbeda. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 oleh dua veteran dari bisnis
perjalanan online dan pada tahun 2007, Agoda.com diakuisisi oleh Priceline
Grup, penjual kamar hotel online terbesar. Priceline Grup diperdagangkan di
NASDAQ (Nasdaq: PCLN) dan merupakan bagian dari S & P 500.
Agoda.com
memperkerjakan lebih dari 1,300 profesional di bidang perjalanan wisata yang
mewakili lebih dari 20 negara. Kami memiliki wilayah operasional yang besar
meliputi Singapura, Bangkok, Kuala Lumpur, Tokyo, Sydney, Hong Kong, dan
Budapest, dengan tambahan kota-kota besar lainnya di seluruh Asia, Afrika,
Timur Tengah, Eropa dan Amerika. Para market manager kami berdedikasi untuk
memelihara hubungan erat dengan mitra hotel Agoda.com untuk menciptakan promosi
khusus dan program pemasaran yang akan membantu Agoda.com menawarkan beberapa
penawaran terbaik di Internet. Keunggulan kompetitif ini didukung dengan
Jaminan Harga Terbaik.
Sebagai website
pemenang penghargaan, Agoda.com sangatlah cepat, mudah digunakan, dan menggunakan
teknologi berkelas dunia untuk memberikan konfirmasi instan untuk setiap
pemesanan dari ribuan hotel yang terdaftar. Selain berbagai pilihan jenis
akomodasi dan kamar, jutaan ulasan hotel Agoda.com yang 100 persen asli,
dikirim oleh pelanggan setelah mereka selesai menginap di hotel mereka. Layanan
bantuan pelanggan 24 jam dalam berbagai bahasa kami memberikan bantuan dengan
cepat dan dapat diandalkan.
Seluruh
jasa kami diberikan oleh Agoda Company Pte. Ltd., yang merupakan suatu
perseroan terbatas swasta, yang didirikan berdasarkan hukum Singapura dan
memiliki kantor yang terdaftar di 20 Cecil Street, Equity Plaza #14-01,
Singapore 049705 dan terdaftar pada Accounting and Corporate Regulatory
Authority di Singapura dengan pendaftaran perusahaan nomor 200506877R.
Agoda
dan perusahaan yang terkait dengannya memiliki beberapa anak perusahaan, cabang
dan kantor di seluruh dunia. Anak perusahaan, cabang dan kantor tersebut hanya
memiliki peran pendukung internal untuk dan bagi kepentingan Agoda. Anak perusahaan,
cabang dan kantor ini (juga seluruh perusahaan terafiliasi lainnya) tidak
memiliki kewenangan atau kekuasaan untuk memberikan jasa, untuk mewakili Agoda
atau untuk menandatangani kontrak apapun dengan menggunakan nama, atau untuk
dan atas nama Agoda
Di Agoda.com, kami
bangga sebagai yang dapat diandalkan, dijangkau dan dihubungi. Kami menawarkan
pelanggan set pilihan hotel terluas dan selalu berusaha untuk menawarkan harga
yang paling kompetitif. Dengan melakukan hal ini, kami berharap untuk membuat
perjalanan lebih terjangkau, mudah diakses, dan menyenangkan untuk para
pelanggan di seluruh dunia.
Agoda (agoda.com) adalah layanan pemesanan hotel online yang memiliki
spesialisasi dalam mendapatkan harga hotel diskon terendah di Asia. Agoda
adalah bagian dari Priceline.com (Nasdaq:PCLN). Berbasis di Singapura dengan
operasi di Bangkok dan Filipina, jaringan Agoda meliputi 10.000 hotel di Asia
dan lebih dari 150.000 di seluruh dunia. Staf kami yang terdiri dari 300 orang
profesional memberikan layanan pemesanan kelas-satu yang dengan unik
mengombinasikan pengetahuan lokal dan koneksi lokal untuk memberikan penawaran
hotel terbaik bagi pelancong bisnis maupun liburan.
Agoda adalah layanan yang menghubungkan pencari-penawaran hotel dengan
grosir perjalanan. Mitra yang kami pilih hanyalah perusahaan yang terbesar,
dengan reputasi terbagus yang sudah lama beroperasi di Asia dan seluruh dunia,
dan berafiliasi dengan organisasi berikut:
1.
ASTA (American Society of Travel Agents)
2.
IATA (International Air Transport Association)
3.
PATA (Pacific Asia Travel Association)
4.
HKTA (Hong Kong Tourist Association)
5.
ATTA (Association of Thai Travel Agents)
6.
TIC (Travel Industry Council)
Tujuan
organisasi kami adalah menjadi penyedia kamar hotel berdiskon dan produk
perjalanan lainnya #1 di Internet. Kami menyadari bahwa memesan perjalanan Anda
lewat Internet adalah hal baru dan semua usaha kami dipusatkan dalam membangun
reputasi untuk layanan berkualitas dan keandalan. Karena alasan ini kami juga
membuat "Jaminan Aman-Belanja dan Privasi" kami untuk memampukan Anda
menggunakan layanan kami dengan yakin.
AGODA ® adalah merk terdaftar dari AGIP LLC, digunakan
di bawah lisensi Agoda Company Pte. Ltd
IV.I I MEKANISME TRANSAKSI
Adapun
mekanisme transaksi secara online pada Agoda.com, diantaranya:
1. Pengguna
wajib memiliki user id pada Agoda.com, jika memang tujuan awal pengguna adalah
untuk memesan kamar, jika pengguna hanya ingin melihat-lihat hotel pengguna
tidak mewajibkan login atau memiliki user id pada Agoda.com
2. Pengguna
mulai melakukan pencarian hotel berdasarkan nama kota/negara, tanggal
pemesanan, lama menginap, serta tanggal check out
3. Pengguna
akan ditampilkan oleh pelbagai macam hotel berdasarkan pencarian dengan
keterangan yang cukup sangat jelas, diantaranya terdapat:
v Tarif
per malam dan ketersediaan jenis kamar
v Lokasi
hotel lengkap dengan peta penujuk arah
v Foto
dan info kamar
v Rangkaian
daftar fasilitas hotel
v Ulasan
dari pengguna lain tentang kenyamanan dan keadaan hotel tersebut
v Serta
menerangkan alasan dan komentar menarik dari para pelanggan diantaranya:
rekomendasi tempat dari hotel tsb, jarak tempuh ke bandara, serta berbagai aksi
menarik yang biasanya ditampilkan.
4. Setelah
pengguna merasa puas akan ulasan hotel dan harganya, pengguna dapat langsung
memesan, dalam proses pemesanan pengguna akan dihadapkan 4 detail proses
pembayaran, yaitu:
ü Pilih
kamar anda
Pada tahapan pertama pengguna wajib
mengisi form calon pembeli diantaranya; nama awal, nama akhir, nama email,
konfirmasi email (ulang), nomor telepon dan kewarganegaraan.
Namun jika pengguna tersebut memesan
kamar bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk orang lain, pengguna wajib
megisi form penambahan yaitu nama tamu dan kewarganegaraan.
ü Informasi
pesanan anda
Setelah anda mengisi form registrasi
tamu pada tahap awal, pada bagian ini anda akan diverifikasi kembali atas data
diri anda dan menginformasikan kembali pesanan anda, rincian informasi pesanan
tersebut berupa nama hotel, lokasi, tanggal check-in dan check-out, lama
menginap, serta informasi dari kamar itu sendiri.
ü Detail
pembayaran anda
Jika anda telah yakin atas data diri
anda beserta rincian pesanan anda, anda diwajibkan melalui step ini, yaitu
pembayaran atas pesanan, Pada tahap ini anda diwajibkan melakukan pembayaran,
metode pembayaran dapat berupa Visa, MasterCard, JCB, American Express, PayPal,
Carteu Bleau.
Calon pembeli wajib mengisi
keterangan berdasarkan metode pembayaran yang dipilih, diantaranya nomor digit
kartu, nama pemegang kartu, tanggal kadaluarsa, kode cvc (kode 3 digit terakhir
dibelakang kartu), negara penerbitan serta tanggal kadaluarsa kartu tersebut.
ü Pemesanan
selesai
IV.III PERMASALAHAN
Pada Bab ini
penulis akan menjelaskan tentang rumusan masalah pada e-commerce yang terjadi
pada Agoda.com menurut pandangan penulis pribadi, diantaranya:
1)
User Interface (Tampilan Awal)
Kelebihan:
Pada tampilan user interface dari Agoda.com terlihat jelas informasi yang
ditampilkan, Konsumen langsung disuguhkan oleh mesin pencarian hotel untuk
melakukan transaksi, pada kanan dan kiri sudut situs pun tidak terdapat adanya
iklan yang menggangu pandangan indah tampilan
Kekurangan:
Meskipun situs ini mudah dijalankan dengan tidak adanya iklan, namun situs ini
terkesan kurang menarik dikarenakan kurang adanya informasi mengenai
promo/diskon yang menghebohkan, agar lebih menarik si calon pemesan
Alangkah
baiknya jika tampilan awal pada saat situs ini diakses, konsumen disuguhkan
dengan adanya diskon menghebohkan pada tampilan awal, bukankah calon pemesan
tertarik jika terdapat diskon yang mengehebohkan?
2) Hubungi
Kami (Contact Us)
Kelebihan:
Agoda.com merupakan perusahaan e-commerce yang sudah mendunia, maka pelayanan
terhadap konsumen pun selalu menjadi yang utama bagi agoda, maka itu Agoda.com
menyediakan wadah para konsumen yang ingin melakukan complain kepada agoda
secara internasional selama 24 jam 365 hari. Complain pun akan dilayani melalui
nomor telepon pusat panggilan dan via email
Kekurangan:
dan adapun keterangan mengenai complain atau call center tidak ditampilkan pada
tampilan halaman utama, sehingga pengguna agak kesusahan mencari contact person
jika ingin melakukan complain. Adapun keterangan atas contact person tersebut berupa
email dan nomor telepon internasional, email pun hanya internasional alias
berbahasa inggris yang ditanggapi, begitu juga dengan nomor telepon
internasional yang dicantumkan. Jadi akan tidak efektive jika konsumen tidak
dapat berkomunikasi secara universal atau menggunakan bahasa inggris.
Mohon
dapat disediakan layanan pusat panggilan untuk setiap negara dan dapat
menggunakan bermacam-macam bahasa agar dipermudah dalam penyampaian complain
3) Range
Harga Hotel
Kelebihan:
Pada mesin pencarian hotel memang Agoda menyediakan berbagai saringan pencarian
hotel dari bermacam jenis ketentuan yang dibutuhkan pengguna dalam pencarian,
dimisalkan: peringkat bintang pada hotel, fasilitas, tipe akomodasi,
area/lokasi, serta jaringan hotel yang dapat sangat membantu konsumen dalam
memilah dan memilih kriteria hotel yang diinginkan
Kekurangan:
Walaupun agoda telah menyediakan berbagai fitur saringan pencarian hotel namun
tidak ditemukan adanya klasifikasi saringan pencarian hotel berdasarkan range
harga hotel, lain halnya dengan pesaingnya pegipegi.com, agoda.com tidak
ditemukan tampilan untuk pencarian hotel berdasarkan range harga. Sebenarnya
range harga hotel sangat membantu calon membeli dalam menentukan harga kamar
berdasarkan budget yang dimiliki.
Baiknya
ditambahkan ‘ketentuan range harga hotel’ pada saringan pencarian hotel
4) Metode
Pembayaran
Kelebihan:
Pembayaran online pada agoda dapat menggunakan kartu kredit (Visa, MasterCard,
JCB, American Express, Carteu Bleau) dan PayPal secara internasional.
Kekurangan:
Namun disayangkan pembayaran online hanya ditujukan bagi pemegang kartu kredit,
dan ini tidak menguntungkan bagi calon pembeli yang ingin melakukan pembayaran
melalui setoran tunai dan lainnya. Memang dijaman era globalisasi penggunaan
uang tunai sudah jarang digunakan dan banyak aspek yang menerima pembayaran non cash, namun bagaimana jika si
konsumen tersebut sedang ada masalah pada kartu kreditnya dan dia tidak dapat
menggunakannya untuk sementara waktu? Maka memang tidak ada salahnya jika
metode pembayaran dapat dilakukan pula menggunakan uang tunai.
5) Tidak
adanya pemesanan online untuk maskapai penerbangan
Mungkin
Agoda.com memang mengkhususkan diri sebagai platform internasional pada dunia
yang menjamin kualitas dan mutu yang terbaik bagi para konsumennya. Namun para
pesaing Agoda sendiri bahkan umunya situs pemesanan hotel selain dapat memesan
hotel juga terdapat pemesanan untuk penerbangan secara online. Sehingga jika
pengguna ingin melakukan pemesanan hotel di luar negeri, pengguna tidak perlu
mencari situs lain untuk pemesanan perjalanan penerbangan cukup pada situs
tersebut.
IV. IV PERTANYAAN UMUM
Beberapa
pertanyaan umum yang sering ditanyakan konsumen kepada Agoda.com, berikut
daftar pertanyaan tersebut:
§ Buat
pemesanan baru
Apakah tarif kamar telah termasuk
biaya pajak dan pelayanan?
Tarif yang ditampilkan di website adalah
tarif rata-rata per malan, per kamar, untuk setiap tipe kamar yang ditampilkan.
Tarif belum termasuk biaya pajak dan pelayanan dan juga biaya tambahan (jika
ada) seperti extra bed, gala dinner, mini—bar atau biaya non-kamar lainnya.
Sarapan tidak termasuk kecuali telah disebutkan. Untuk mengecek tarif dengan
termasuk biaya pajak dan pelayanan, silahkan klik di tombol “Klik untuk
memesan” untuk memasuki formulir
pemesanan. Detil pemesanan di bagian kanan akan menampilkan keterangan dari
tarif tersebut. Silahkan memeriksa kembali detil pemesanan Anda dan total
keseluruhan biaya sebelum mengirimkan pemesanan Anda. Mohon perhatian dengan
memilih tombol “Klik untuk memesan” Anda belum mengirimkan pemesanan tersebut.
§ Pengembalian
Pembayaran
Dapatkah saya membayar tunai di hotel
untuk pemesanan saya?
Agoda.web.id saat ini hanya menerima
kartu kredit (Visa, MasterCard, AMEX, JCB, IDEAL dan Carte Bleue) dan PayPal.
1) Tarif per kamar per malam – Membayar online:
Jika kamar tersedia dan Anda telah
mengirimkan detil kartu kredit Anda dan setuju dengan kondisi pemesanan di
formulir pemesanan, maka pemesanan tersebut akan dikonfirmasikan dan voucher
hotel akan secara otomatis dikirmkan ke alamat email Anda. Voucher hotel hanya
akan dikirimkan setelah kami memverifikasi
dan mengenakan biaya di kartu kredit Anda. Voucher hotel dan kartu kredit harus
ditunjukkan ketika check in di hotel, bersama dengan kartu tanda pengenal
dengan foto yang valid
2) Pesan sekarang bayar kemudian – Membayar
online:
Pesan sekarang bayar kemudian adalah
seperti apa yang tertulis, melakukan pemesanan sekarang, membayarnya kemudian.
Pemesanan akan dikonfirmasi segera. Ketentuan pemesanan (kebijakan pembatalan)
akan menjadi penentu ketika Anda ditagih. Tanggal penagihan yang sebenarnya
akan berkisar 2-3 hari sebelum kondisi pemesanan hotel menjadi aktif. Pada
waktu itu Anda akan ditagih harga penuh. Pilihan ini hanya terseida untuk Visa,
MasterCard, AMEX dan JCB. Harap dipastikan Anda memilih “Bayar kemudian” ketika
Anda memastikan data kartu kredit Anda.
3. Tarif
spesial – Bayar di hotel:
Agoda.web.id bekerjasama dengan
perusahaan lainnya untuk memastikan bahwa kami menawarkan harga terbaik. Jika
Anda memilih untuk menginap di hotel yang dimana mitra agoda.web.id telah
menyediakan tarif terendah, kami akan menginformasikan pemesanan Anda dan
menerbitkan email konfirmasi. Dalam hal demikian kami tidak akan mengenakan
biaya ke kartu kredit Anda. Anda akan harus bayar secara langsung ke pihak
hotel ketika check out dan pihak hotel memiliki kebijaksanaan pembatalan yang
bersangkutan. Judul dari bagian tarif untuk hotel-hotel demikian adalah “Tarif
Spesial” bukan “Tarif per kamar per malam”.
Mohon diperhatikan: Beberapa hotel dapat
mengenakan biaya ke kartu kredit Anda dengan jumlah penuh di saat konfirmasi.
Ini biasanya berlaku untuk pemesanan yang tidak dapat dikembalikan
(non-refundable).
§ Periksa
status pemesanan
Kapankah saya akan menerima email
konfimasi?
Umumnya Anda akan menerima email ini
beserta Voucher Hotel dalam waktu 30 menit setelah Anda melakukan pemesanan.
Jika Anda belum menerima email ini setelah 30 menit, silahkan periksa di junk
mail dan/atau spam filter. Anda juga dapat mengecek status pemesanan Anda
dengan masuk ke “atur pemesanan saya” melalui website kami.
§ Hotel
umum
Dapatkah saya menambahkan extra
bed/ranjang bayi di dalam kamar saya?
Kebanyakan hotel memperbolehkan
anak-anak untuk menginap sekamar dengan orang tua meereka baik dengan atau
tanpa extra bed. Peraturan hotel yang normal adalah tidak mengenakan biaya bagi
anak-anak untuk menginap sekamar dengan orang tua merekka baik dengan atau
tanpa extra bed. Peraturan hotel yang normal adalah tidak mengenakan biaya bagi
anak-anak dengan usia kurang dari 12 tahun. Beberapa hotel akan membatasi
jumlah penghunian kamar dengan 2 orang dewasa dan 1 anak. Hanya sejumlah kecil
hotel yang menyediakan ranjang khusus untuk anak-anak tambahan, jadi biasanya
extra bed adalah diperlukan. Kebanyakan hotel juga akan mengenakan biaya untuk
extra bed. Umumnya hotel juga akan menyediakan sarapan ketika biaya extra bed
telah dikenakan. Namun, hal ini bergantung kepada peraturan dan prosedur setiap
properti. Tempat tidur bayi. Namun, hal ini bergantung kepada peraturan dan
prosedur setiap properti. Tempat tidur bayi dapat disediakan secara gratis oleh
beberapa hotel tertentu bagi anak-anak di bawah usia 2 tahun.
§ Imbalan
saya
Bagaimana cara untuk menebus Poin
Imbalan Agoda?
Untuk menebus poin, silahkan masuk ke
akun Anda sebagai langkah pertama pemesanan, langkah ini diberi label Detil
Pemesanan Anda, link koneksinya ada di pojok kanan atas dari halaman. Sesudah
Anda masuk, klik tombol turun untuk memilih level dan klik Jummlah Terkini
(Update Amount) untuk mengurangi total biaya, setelahnya Anda dapat melihat
diskon yang diberikan. Tolong dicata bahwa poin tidak dapat ditebus untuk hotel
yang pasca bayar, itu ditandai dengan Harga Spesial, di mana pembayarannya
dilakukan di hotel.
§ Batalkan
pemesanan saya
Dimanakah saya dapat melihat
kebijaksanaan pembatalan?
Ketika mencari tarif kamar, kondisi
pemesanan akan berada tepat di bawah deskripsi tipe kamar. Untuk mengecek lebih
jauh, Anda juga dapat klik di tombol “Klik untuk memesan” yang akan membawa
Anda ke formulir pemesanan. Link kondisi kebijaksanaan pembatalan/pemesanan
dapat ditemmukan di bagian setiap halaman formulir pemesanan. Ini juga akan ditanyakan
di dalam email konfirmasi yang kami kirimkan. Jika Anda membatalkan pemesanan
melalui layanan mandiri, kebijakan pembatalan akan ditampilkan lagi di saat
pembatalan.
Catatan: Detil dan kondisi di
kebijaksanaa pembatalan berbeda untuk setiap pemesanan tergantung hotel periode
penginapan, tipe kamar, dsb. Silahkan baca ini dengan cermar sebelum
mengirimkan pemesanan Anda
§ Permintaan
khusus
Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa
permohonan khusus telah dikonfirmasi?
Surat permohonan khusus bergantung pada
ketersediaan dan tidak dapat dijamin oleh agoda.web.id
Agoda.web.id akan meneruskan permohonan
Anda ke hotel yang telah Anda pilih sesuai bukti pembayaran
Silahkan dicek kembali dengan pihak
hotel di saat Anda tiba.
§ Ubah
pemesanan saya
Saya ingin mengganti tanggal
pemesanan saya, apa yang harus saya lakukan?
Agoda.web.id sekarang melayani pilihan
Layanan Mandiri. Dengan klik di link Layanan Mandiri yang tersedia di email
konfirmasi Anda dapat mengubah pemesanan Anda. Anda juga dapat mengubah
pemesanan Anda dengan masuk ke “atur pemesanan saya” melalui website
§ Masalah
teknis
Masalah dengan voucher hotel
Dalam banyak kasus, anda akan mendapat
email konfirmasi bersama dengan voucher hotel dalam waktur 30 menit setelah
anda melakukan pemesanan. Jika anda tidak menerima email itu dalm kurun waktu
tersebut, silahkan periksa email sampah dan/atau penyaring email sampah
anda.Anda juga dapat memeriksa status pemesanan anda dengan masuk akun
‘Mengatur pemesanan saya’ lewat website
§ Ulasan
hotel
Bagaimana cara untuk mengulas sebuah
hotel?
Hanya pelanggan agoda.web.id dengan
pemesana yang valid diperbolehkan untuk mengirimkan ulasan hotel. Ini akan
menjamin, tidak seperti situs perjalanan lainnya, bahwa Anda sedang mambaca
feedback yang 100% benar. Sekitar 3 hari setelah keberangkatan Anda dari hotel,
Anda akan menerima sebuah email yang mengundang Anda untuk membagi pengalaman
penginapan Anda dengan anggota agoda.web.id lainnya. Di email tersebut akan
terdapat sebuah link unik yang membwa Anda ke formulir pengisian ulasan. Anda
dapat juga log in ke anuk agoda Anda dan melihat daftar hotel di mana Anda
pernah tinggal dan Anda belum mengulasnya.
IV.V INFORMASI LAIN-LAIN
Terdapat
beberapa alasan yang membuat konsumen memilih Agoda.com dan mempercayakannya,
diantaranya: telah dipasarkan lebih dari 390.000 hotel di seluruh dunia, dan
lebih dari 4.000.000 ulasan hotel, juga tersedia di lebih dari 37.000 kota di
seluruh dunia, serta dipercaya lebih dari 7.000.000 pelanggan.
Dan
tidak perlu kesulitan dalam melakuakan transaksi pada Agoda.com, karena
Agoda.com dapat di translate dalam 39 bahasa di pelbagai penjuru dunia, tidak
hanya itu metode pembayarannya pun dapat dilakukan dalam 39 jenis mata uang di
berbagai negara.
Kini
Agoda.com juga telah dapat diakses dan di download langsung Apple App Store
untuk pengguna Apple, Google Play untuk pengguna Android, dan Windows Store
untuk pengguna Windows Phone.
IV.VI PESAING BISNIS
Agoda.com merupakan salah satu
e-commerce penyedia hotel online terkemuka di dunia, dan semakin mendunia perusahaan
ini, semakin banyak pula pesaingnya, diantaranya:
Ø Pegipegi.com
Ø Booking.com
Ø Klikhotel.com
Ø Pesankamar.com
Ø Bookpanaroma.com
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
Berdasarkan pembahasan atas masalah di
atas dapat diambil kesimpulan bahwa:
i.
Meskipun situs tersebut sangat banyak
memiliki kelebihan namun tak ayal bahwa situs tersebut juga terdapat kekurangan
menurut pandangan penulis
- Perdagangan
Elektronik atau E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut
konsumen dan pedagang perantara dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer
yaitu internet e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk
transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and
service) dengan menggunakan media elektronik
SARAN: Pemanfaatan internet harus
digunakan sebaik mungkin, tidak hanya untuk chatting ( FB, twitteran,dll)
tapi juga harus digunakan untuk pendidikan dan peluang bisnis. Dan dari uraian
diatas maka penulis menyadari bahwa banyak terdapat kesalahan dan
kekurangan, untuk itu penulis mohon kritikan dan saran demi kesempurnaan
makalah ini. Dan semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada
umumnya dan khususnya bagi penulis (Nurul Chomsha) sebagai penyusun
DAFTAR PUSTAKA
research.amikom.ac.id/index.php/KIM/article/download/4432/2766 · PDF file
http://andryaldiano-andry.blogspot.com/2011/12/makalah-e-commerce.html
https://hkg.secure.agoda.com/b/id-id/book.html?nsrch=1&uniqueId=19d90357-ce63-489b-ab67-98f4a6c3c321
0 komentar:
Posting Komentar